Senin, 26 Desember 2016

Aceh: Kenang Tsunami Ribuan Warga Hanyut Dalam Doa Dan Zikir



berita.rizalmedia.com - Tsunami yang terjadi di Aceh pada tahun 2004 lalu masih menyisakan tangis dan kesedihan bagi warga Aceh. Pasalnya bencana alam tersebut banyak menelan korban. Ribuan warga menangis saat mengenang peristiwa yang menyisakan isak tangis tersebut. 

Acara doa bersama ini dilaksanakan di Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Krueng Mane, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara pada Senin (26/12/2016). Doa dan zikir ini memperingati 12 tahun peristiwa tsunami yang telah merenggut nyawa saudara-saudara mereka. Selain di Tempat Pendaratan Ikan, acara ini juga digelar di Kecamatan Lapang dan Kecamatan Seunuddon, Acara Utara.

Mereka hanyut dalam doa dan zikir sambil berurai air mata, mengingat peristiwa tersebut telah meluluhlantahkan sebagian besar pesisir kota Aceh dua belas tahun yang lalu.Khusus di daerah TPI krueng Mane ini, semua masyarakat termasuk pejabat yang hadir terlebih dahulu membaca sholawat badar secara bersamaan sambil berdiri. 

Setelah itu dilanjutkan dengan doa dan ceramah yang disampakan oleh  Ustadz Yusuf A Samad. Sekretaris panitia, Firdaus Nouzula mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan suatu bentuk refleksi diri untuk terus mengenang peristiwa masa lalu dan sebagai sebuah pembelajaran untuk masa yang akan datang.

“Bahwa kita masih ingat saudara kita yang menjadi korban dan terus mendoakannya,” terang Firdaus.

Sementara itu, H Muhammad Thaib yang merupakan Bupati nonaktif Aceh Utara menambahkan, peristiwa tsunami menjadi pelajaran penting bagi masyarakat Aceh.

“Mari merenung, kita harus terus bersahabat dengan alam, jangan merusaknya dan terus berbuat baik untuk sesama dan untuk alam,” kata pria yang akrab disapa Cek Mad ini.

Dia berharap, jika ke depannya akan ada edukasi tentang bencana dan dilakukan kepada masyarakat di pesisir pantai di kabupaten itu. Sehingga saat bencana ini terjadi, masyarakat sudah tahu apa yang harus dilakukan dan dipersiapkan. Dia juga mengajak seluruh warga untuk terus belajar dan terus berprestasi.

“Pada akhirnya kita berusaha menekan jumlah korban jiwa, caranya memberikan edukasi soal bencana pada masyarakat,” ujarnya.

“Pemerintah berkomitmen untuk kemajuan sumber daya manusia. Karena dengan itu kita bisa membangun negeri ini jadi lebih baik,” katanya.

Kami adalah Tim beritarizalmedia.blogspot.com yang merupakan website berita milik RIZALmedia.

Terima kasih atas komentarnya.
EmoticonEmoticon